in

Indonesia Sudah Resmi Resesi, Apa Itu Resesi? Resesi Adalah

GENTA – Resesi adalah suatu kondisi ketika roda ekonomi sedang istirahat. Sama seperti istilah reses yang artinya masa periode persidangan diistirahatkan.

GENTA - Resesi adalah suatu kondisi ketika roda ekonomi sedang istirahat. Sama seperti istilah reses yang artinya masa periode persidangan diistirahatkan.
RESESI ADALAH

Ketika ekonomi sedang istirahat maka perputaran roda ekonomi akan melambat atau bahkan berhenti.

Baca Juga: Cek Pengumuman Prakerja Gelombang 11. Jangan Kaget Jika Ada Tulisan Seperti Ini 

The National Bureau of Economic Research (NBER) mendefinisikan resesi sebagai penurunan yang signifikan dari kegiatan ekonomi secara merata. Kondisi itu berlangsung lebih dari beberapa bulan yang biasanya tercermin dalam produk domestik bruto (PDB), indikator pendapatan riil, lapangan kerja, tingkat produksi industri, hingga penjualan di tingkat eceran atau konsumsi masyarakat.

Baca Juga: Lagi-Lagi! PRESIDEN Prancis Emmanuel Macron Kembali Hina Agama, Kaitkan dengan Teroris di Wina Austria

Dengan penjelasan itu NBER juga mengartikan resesi ekonomi terjadi ketika dunia usaha berhenti berkembang, pertumbuhan ekonomi 0% atau bahkan minus selama dua kuartal berturut-turut, pengangguran naik, hingga harga properti yang turun akibat tidak adanya daya beli.

Baca Juga: Mau Tau Jadwal Pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan Gelombang 2? Ayo Segera Cek Disini! 

Resesi Menurut Sri Mulyani Menteri Keuangan

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga pernah menjelaskan resesi yaitu kondisi ketika PDB atau pertumbuhan ekonomi suatu negara negatif selama dua kuartal berturut-turut.

Direktur Eksekutif Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Tauhid Ahmad juga menjelaskan resesi yaitu turunnya kondisi perekonomian nasional. Hal itu tampak dari pertumbuhan ekonomi yang minus dua kuartal berturut-turut. Dengan kondisi Indonesia terkini maka tampak penurunan ekonomi yang signifikan imbas pandemi Corona.

Baca Juga: BLT Bansos Rp 4,5 Triliun Siap Cair untuk 9 Juta KK Non PKH, Begini Cara Cek Dapat atau Tidak

“Kalau resesi intinya penurunan kondisi perekonomian dalam dua kuartal berturut-turut dibanding tahun lalu. Kalau kita lihat sekarang aja dibanding tahun lalu sebenarnya sudah minus 10,4% dalam kondisi normal. Dulu 5,02% kemarin minus 5,3% itu kan selisihnya 10%. Dan kalaupun besok kuartal III minus 1 atau nol koma berarti kan sekitar 6% itu dalam banget,” katanya kepada detikcom 31 Agustus 2020.

Sumber: Finance

Tiba di Tanah Air, Habib Rizieq Akan Nikahkan Najwa Shihab

Viral Video TV China Tampilkan Gambar Nabi Muhammmad, Begini Faktanya