in

Viral Video TV China Tampilkan Gambar Nabi Muhammmad, Begini Faktanya

GENTA – Sebuah video dari acara televisi China yang menampilkan gambar yang diklaim sebagai Nabi Muhammad dengan fitur Asia telah viral di media sosial.

GENTA - Sebuah video dari acara televisi China yang menampilkan gambar yang diklaim sebagai Nabi Muhammad dengan fitur Asia telah viral di media sosial.

Banyak netizen bertanya apakah dunia Muslim sekarang akan memboikot barang-barang China seperti sikap mereka terhadap Prancis.

Baca Juga: Jadwal BLT Subsidi Gaji Rp1,2 Juta Masuk Rekening

Seruan boikot produk-produk Prancis telah menggema di dunia Muslim setelah Presiden Emmanuel Macron membela hak majalah Charlie Hebdo untuk menerbitkan kartun yang menghina Nabi Muhammad.

Baca Juga: Cek Pengumuman Prakerja Gelombang 11. Jangan Kaget Jika Ada Tulisan Seperti Ini 

Arslan Hidayat, seorang aktivis hak-hak etnik Uighur, membagikan video klip acara China Central Television (CCTV)—stasiun televisi yang dikelola pemerintah China—di Twitter dan mengatakan bahwa itu menggambarkan adegan seorang duta besar Arab yang sedang memberikan potret Nabi Muhammad kepada kaisar China selama pemerintahan Dinasti Tang.

Baca Juga: Lagi-Lagi! PRESIDEN Prancis Emmanuel Macron Kembali Hina Agama, Kaitkan dengan Teroris di Wina Austria

Selain meminta boikot produk China, Hidayat juga mempertanyakan diamnya Pakistan atas gambar kontroversial tersebut.

Banyak media juga berbicara tentang video tersebut, dengan menyerang dunia Muslim karena kemarahan selektifnya terhadap Prancis.

Baca Juga: Mau Tau Jadwal Pencairan BLT BPJS Ketenagakerjaan Gelombang 2? Ayo Segera Cek Disini! 

Deepak Chaurasia, editor konsultan New Nation, mengatakan; “Saluran pemerintah China baru-baru ini menyiarkan karikatur Nabi Muhammad. Akankah dunia Muslim tidak mengajukan boikot atas barang-barang China ketika karikatur Nabi Muhammad ditampilkan?”

Baca Juga: BLT Bansos Rp 4,5 Triliun Siap Cair untuk 9 Juta KK Non PKH, Begini Cara Cek Dapat atau Tidak

Chaurasia juga berbicara tentang penindasan terhadap Muslim Uighur di China.

“Penindasan Muslim Uighur di China tidak disembunyikan dari siapapun. Karikatur Nabi Muhammad sekarang ditayangkan di TV China. Tapi bersama dengan negara-negara Muslim di seluruh dunia, kaum liberal India dan (kaum) kiri diam, mereka takut,” katanya dalam tweet lain, Rabu (4/11/2020), seperti dikutip The Print.

Baca Juga: Ini Tanda Anda Dapat BLT UMKM Banpres Produktif Rp 2,4 Juta Daftar Disini!

Cek Fakta

Video klip yang berasal dari acara CCTV itu berjudul “The Glorious Times of the Tang Dynasty”. Namun, acara tersebut ditayangkan lebih dari satu dekade yang lalu dan baru-baru ini tidak disiarkan seperti yang diklaim oleh banyak orang, termasuk editor konsultan News Nation, Chaurasia.

Baca Juga: Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 11 di WWW.PRAKERJA.GO.ID, Login dan Verifikasi Email

Sebuah blog Prancis berjudul “The portrait of the Prophet Muhammad in the Chinese kingdom” yang diterbitkan pada 26 Desember 2008, berbicara tentang bagaimana Muslim Uighur mengkritik acara televisi tersebut.

Baca Juga: Jangan Khawatir Jika NIK KTP Tidak Terdaftar, Segera Lakukan Ini Setelah Login eform.bri.co.id/bpum

`“Dan, saat kami membuka potret, yang ditutupi kain emas, kami melihat ‘foto nabi’! Selain foto lucu; jelas orang China membayangkan Nabi itu mirip orang Asia!!!,” tulis blog itu.

Sumber: Sindonews

Indonesia Sudah Resmi Resesi, Apa Itu Resesi? Resesi Adalah

Syarat dan Cara Cek Penerima Bansos BST Rp500 Ribu per KK Non PKH dari Kemensos